blog-img
26/01/2021

PROSES TERJADINYA HUJAN

Akhmad Nur Majid | Sains dan Teknologi

   Hujan merupakan fenomena alam yang sering terjadi. Hujan juga merupakan siklus perputaran air dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi dan berlangsung secara terus menerus. Lantas bagaimanakah proses terjadinya hujan ? dilansir dari National Geographic, hujan terjadi melalui 3 proses tahapan. Tiga tahapan utama proses terjadinya hujan yaitu Evaporasi, Kondensasi, dan Presipitasi. Berikut penjelasan dari proses terjadinya hujan !

  1. Evaporasi (Penuapan)

Proses terjadinya hujan yang pertama adalah evaporasi. Energi panas yang dimiliki oleh matahari membuat air yang berada di laut, sungai, danau, dan sumber air dipermukaan bumi lainnya mengalami penguapan. Air berubah menjadi uap-uap air dan memungkinkanya untuk naik ke atmosfer bumi. Semakin tinggi panas matahari jumlah air yang menjadi uap air dan naik ke atmosfer bumi juga akan semakin besar.

  1. Kondensasi (Pengembunan)

Uap-uap air yang naik akan mengalami proses kondensasi atau pengembunan. Uap air tersebut berubah menjadi partikel-partikel es berukuran sangat kecil. Perubahan wujud uap air menjadi es tersebut terjadi karena pengaruh suhu udara yang sangat rendah di titik ketinggian tersebut. Partikel-partikel es yang terbentuk akan saling mendekati dan bersatu satu sama lain sehingga membentuk awan. Semakin banyak partikel yang bergabung, awan yang terbentuk juga akan semakin tebal dan hitam.

  1. Presipitasi

Proses prespitasi adalah proses mencairnya awan akibat pengaruh suhu udara yang tinggi. Pada proses inilah hujan terjadi. Butiran-butiran air jatuh dan membasahi permukaan bumi. Awan-awan yang terbentuk kemudian tertiup oleh angin dan mengalami perpindahan dari satu tempat ketempat lainnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan hujan sebagai rahmat di saat diperlukan oleh makhlukNYA. Karena itu, Al-quran menyebut hujan sebagai rahmat dan berkah, bukan musibah. Hendaknya ketika turun hujan, kita sebaiknya bersyukur dan berdoa, “Allahumma shoyyiban nafi’an” (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). HR. Bukhari.

Semoga bermanfaat

Bagikan Ke: