blog-img
27/05/2022

SMP Muhammadiyah 5 Samarinda Gelar Acara Silaturrahim dan Pelepasan Santri kelas IX Angkatan 32

Ashifa Nabila Putri | Prestasi

SMP Muhammadiyah 5 Samarinda kembali menggelar acara Silaturrahim dan Pelepasan Santri Kelas IX Angkatan 32 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Mei 2022. Kegiatan yang bertempat di Komplek Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah Jalan KH Wahid Hasyim II/ Ahim 1 mengusung tema “Membentuk Insan yang Berakhlak Mulia dan Terampil” bertujuan untuk mempererat tali silaturarrahim antara orangtua/wali santri, guru, pengasuh dan para Pimpinan Muhammadiyah sekaligus prosesi pengukuhan kelulusan siswa kelas IX Angkatan 32.

Acara diawali dengan penampilan Tapak Suci oleh santri SMP Muhammadiyah 5 Samarinda, pembukaan dan Tausiyah oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur Bidang Kepondokan, Bapak KH. Siswanto Sunandar untuk memberikan pesan dan motivasi kepada santri SMP Muhammadiyah 5 untuk menjadi insan yang berakhlak mulia dan terampil.

Kepala SMP Muhammadiyah 5 Samarinda, bapak Agus Toto Suriyanto, S.Pd, dalam sambutannya, memberikan pesan kepada para santri agar senantiasa istiqamah menjalankan amar ma'ruf nahi mungkar dimanapun mereka berada dan tak lupa memberitahukan empat progress SMP Muhammadiyah 5 dalam setahun yakni SMP Muhammadiyah 5 menjadi juara umum untuk jenjang SMP/MTS Muhammadiyah se Samarinda untuk kali ke tujuh secara berturut turut, juara umum dalam perhelatan kejuaraan pencak silat antar pesantren se-kota samarinda, membangun kesepakatan kerjasama (MoU) dengan SMK Negeri 3 Samarinda di dalam tiga bidang kecakapan yaitu tata boga, tata rias dan menjahit dan perencanaan ke depan SMP Muhammadiyah 5 akan membangun model paperless school dengan menyiapkan android smart TV 70 inch yang dipasang dikelas.

Sejumlah 60 santri kelas IX yang terdiri dari 26 Santriwan dan 34 santriwati melakukan prosesi pengukuhan kelulusan oleh Direktur Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah, bapak Drs. H. Jaswadi, M.Si dan Kepala SMP  Muhammadiyah 5, bapak Agus Toto Suriyanto, S.Pd.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Bapak Kyai H. Ir. Masyumi dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samarinda Utara Bapak Taufik Rahman turut hadir dalam acara tersebut dan memberikan sambutan serta Wakil Rektor 2 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, bapak H. Suwoko, S.E., M.M pun turut memberikan Prakata perwakilan wali santri kelas IX.

 

Dan tak lupa acara Silaturrahim dan Pelepasan Santri ini diisi dengan pengumuman 2 penghargaan kepada santri kelas IX yakni Penghargaan untuk santri dengan predikat terbaik akademik dan Penghargaan untuk santri teladan.

Penghargaan santri dengan predikat terbaik akademik diberikan kepada Muhammad Royyan Amanullah dan Rafyfa Mutia Azzahra sedangkan penghargaan untuk santri teladan diberikan kepada Ammar Abdillah Rio dan Aisyah Pinatinta. Alhamdulillah, salah satu santri yang mendapatkan penghargaan ini yaitu Muhammad Royyan Amanullah lulus dengan capaian tertinggi dalam hafalan Al Qur'an sebanyak 30 juz.

Acara silaturrahim dan pelepasan santri ditutup dengan kegiatan ramah tamah santri yakni santriwan dan santriwati dipersilahkan untuk dapat bersalam-salaman dengan para guru dan pengasuh Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah dan dilanjutkan orangtua/wali santri untuk dapat bersalam-salaman dengan para guru dan pengasuh Pondok Pesantren Istiqamah Muhammadiyah Samarinda.

Bagikan Ke: